Header Ads

Breaking News
recent

Divergent, 5 Pilihan 1 Tujuan [Review dan Analisis]


Lionsgate


Film ini menceritakan tentang keadaan bumi yang baru pulih dari semacam perang , dan Berlokasi pada suatu tempat di chicago. Lalu para pemimpin-pemimpin lama menciptakan sebuah sistem yang di anggap efektif dimana mereka menggolongkan masyarakat ke dalam 5 jenis, yaitu Erudite, Abnegation , Dauntless, Candor, and Amity, dimana setiap golongan memiliki ciri khas nya masing-masing, seperti berani (Dauntless), jujur (Candor), cinta damai (Amity), tidak mementingkan diri sendiri (Abnegation), dan pintar (Erudite).

Lalu BOOM ada DIVERGENT dimana mereka BISA masuk kedalam berbagai golongan dan dianggap sebagai ancaman karena dapat mengganggu sistem yang sudah di buat sejak dahulu. Anggap saja DIVERGENT dapat menolak dan mengubah takdir mereka sendiri.
Ya karakter utama Wanita disini di golongkan sebagai divergent, dan memiliki impian untuk masuk ke Dauntless karena golongan tersebut keliahatan bebas dan bisa loncat kemana saja sesuka hati mereka. 

Dan anehnya setiap masyarakat disini BERHAK masuk ke GOLONGAN mana SAJA sesuka hati mereka. i mean WTF man? lalu DIVERGENT mengancam di sebelah mananya? Percuma saja di buat sistem yang menggolongkan masyarakat sesuai takdir mereka tapi mereka sendiri malah bebas memilih takdir lain. Saya tidak melihat ada sesuatu yang mengancam sistem dari DIVERGENT. Kecuali sistem tersebut absolut dan keputusan test tidak bisa di ubah seperti sistem diktator. 

Lalu setelah beberapa menit film berlangsung dan masuk ke dalam tahap pemilihan golongan, anda akan disuguhi penuh oleh pelatihan dauntless , dauntless, dan dauntless. jeez.. orang-orang DIVERGENT tidak begitu mencolok dan spesial sepanjang film. Mereka kelihatannya normal tapi berbeda pola pikirannya saja. 
Sepertinya dalam film ini 80% pelatihan si cewek (beatrice) di dauntless, 10% teori film, dan 10% real action pada akhir film. 

Dan yang menjadi kejanggalan adalah peran utama si cowok dimana dia takut ketinggian sejak kecil, namun berhasil melewati test loncat dari kereta dan gedung ketika dia memutuskan menjadi DAUNTLESS. 

Meskipun orang-orang dalam golongan DIVERGENT dibilang yang menjadi sumber biang kerok disini, tapi saya tidak melihat bahwa DIVERGENT mengancam sistem tersebut. JUSTRU saya melihat sumber masalah disini hanya perebutan kekuasaan antara kaum ERUDITE + DAUNTLESS dan ABNEGATION.
Sumber masalah di mana erudite dendam dengan abnegation juga sangat blur, karena pemimpin dari abnegation sangat berteman dan ramah terhadap pemimpin kaum erudite. 
Lalu apa yang membuat kaum erudite memutuskan untuk membantai semua orang yang ada dalam kaum Abnegation? Dendam ? cemburu? semua tidak dijelaskan disini. 
Semua hanya Fokus pada hubungan asmara antara 2 divergent yang ujung-ujungnya melarikan diri keluar tembok ketika musuh utama mereka sudah dikalahkan. Kenapa kabur? kenapa mereka tidak kembali untuk menolong kaum-kaum Abnegation yang mungkin saja akan di eksekusi lagi nanti? kenapa mereka tidak kembali dan membuat pemberontakan dengan gabungan kaum abnegation dan dauntless yang sudah di manfaatkan? saya yakin para kaum dauntless sangat marah ketika mereka tahu, mereka telah di jadikan boneka yang tidak berpikir dan hanya menuruti perintah.
TAPI KENAPA KABUR HAAAAAH???

Dimana sisa kaum-kaum lainnya? mereka diam ato sudah di bantai disini? sangat sangat ambigu pada kaum Candor dan Amity, seolah-olah film ini hanya memfokuskan terhadap kaum Erudite, DAUNTLESS, dan ABNEGATION. 

Total nilai : 5.3/100



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.