Header Ads

Breaking News
recent

Review Manga: Berserk, Game of Throne versi Jepang


Jika kalian belum mengetahui Manga Berserk karya Kentaro Miura, kalian harus membacanya saat ini juga. Berserk adalah manga Seinen terbaik yang pernah saya baca sejauh ini. 
Saya pribadi telah membaca puluhan manga jenis Seinen namun saya merasa tidak ada ceritanya yang mampu mendekati Berserk. Manga ini adalah Masterpiece dan sayangnya tergolong under-rated dinegara asalnya jepang dan Negara dari luar jepang. Saya sendiri yang sudah menjadi fans dari komik Berserk merasa bahwa manga ini seperti cult, dimana sedikit dikenal namun bagi yang sudah membacanya pasti sudah mengerti seberapa menariknya manga ini. Meskipun begitu tercatat pada tahun 2015 bahwa penjualan manganya saat ini tembut mencapai 27 juta copy di jepang dan 8 juta copy secara internasional, tergolong lumayan.

Jika anda senang dengan seri game Dark Soul’s dan Bloodborne yang sempat meledak dipasaran, sang pencipta dari game tersebut yaitu Hidetaka Miyazaki mengakui bahwa tema-tema gelap yang ada dalam game ciptaannya terinspirasi dari komik Berserk karya Kentaro Miura, saking cintanya ia dengan Berserk bahkan ia mendesain salah satu karakter di Dark Souls, Artorias, berdasarkan gambaran Guts sang tokoh utama dari Berserk.


Guts. Hakusensha / Darkhorse Comic

Seperti Game of Thrones dan Lord of the Rings, Berserk mengambil setting waktu pada saat abad pertengahan. Berserk memiliki porsi cerita drama yang menarik, padat, dan tidak membosankan untuk diikuti. Dalam dunia Berserk juga diwarnai oleh mitologi-mitologi, budaya tertentu atau folklore dari berbagai belahan dunia yang menjadi inspirasi dalam dunia ini.


Kota dalam Berserk. Hakusensha / Darkhorse Comic

Yang membuat komik ini menarik adalah ceritanya yang solid, drama yang mantap, terdapat plot twist di beberapa chapter, juga tidak lupa dengan pertarungannya yang seru adalah unjuk tombak utama dari seri Berserk ini. Cerita dan plot yang ada dalam Berserk lebih mengarah ke drama yang penuh dengan tragedi dan ironi yang mampu menarik sifat “asli” manusia, asli yang saya maksud bukanlah hal-hal positif namun sifat-sifat buruk manusia. Dalam Berserk anda akan  diperlihatkan seberapa kejam dan keji hal-hal yang mampu dilakukan manusia terhadap manusia lainnya jika hal tersebut sudah menyangkut dirinya sendiri, atau kepentingan orang lain. Oleh karenanya anda pasti akan menemukan filosofi-filosofi baru ketika anda mulai membaca manga ini.

Berbicara tentang hal tragis, mungkin anda yang sudah lelah melihat anime yang bertema tragis namun dibuat cengeng seperti angel beats, atau clannad bisa melihat Berserk sebagai alternatif tragis yang lebih manly. Berbeda dengan Berserk, tema tragis yang ada disini tidak dibuat untuk anda mewek, anda akan lebih merasa ngeri akan seberapa busuk dan rusaknya setiap adegan dan cerita yang terjadi di dalam dunia Berserk. Namun hal itu tergantung sudut pandang kalian sendiri ketika sudah membacanya. Karena menurut saya porsi tragis yang ada dalam Berserk memang beraneka ragam. Tetapi disinilah bagian terbaiknya, anda akan merasakan koneksi dengan setiap karakternya, perasaan anda akan campur anduk mengenai siapa yang salah dan siapa yang benar.

Twist juga merupakan salah satu plot yang bisa menjadi ujung tombak dalam cerita Berserk. Banyak hal yang tidak terduga yang terjadi didalam manga ini. Yang awalnya anda merasa bahwa musuh yang dilawan Guts memanglah seorang monster yang wajib dibunuh lalu tiba-tiba prespektif anda dijungkir balikkan ketika mengetahui fakta-fakta yang mengejutkan mengenai musuh yang dihadapi oleh Guts. Lebih tepatnya terdapat porsi cerita yang akan pastinya membuat anda merasa simpati terhadap musuh yang dilawan oleh Guts, namun tentu sebagian musuh juga memang sepantasnya untuk diakhiri hidupnya.

What’s the story about?

Berserk bukanlah komik bagi yang memiliki hati yang lemah, atau perut yang mudah mual. It’s kinda dark actually.

Berserk berlatar belakang pada abad pertengahan eropa di masa lampau, menceritakan kisah Guts, seorang black swordsman dan mantan tentara bayaran yang memiliki cerita hidup yang cukup mengenaskan.

Lahir dibawah ibunya yang sudah mati digantung diatas pohon, Guts dipungut oleh tentara-tentara bayaran dan dirawat oleh pelacur yang memiliki gangguan jiwa.


Bayi Guts lahir dibawah ibunya yang sudah mati. Hakusensha

Guts tidak memiliki masa kecil yang indah seperti anak-anak lainnya, mungkin akibat lingkungan yang ia dibesarkan (ia sempat dicap sebagai pertanda buruk perihal cerita bagaimana ia lahir dan ditemukan), umur 6 tahun ia harus membantu ayah angkatnya dalam medan perang dan 12 tahun mulai bekerja sebagai mercenary karena ayahnya tidak mau menafkahi dia lagi, pada saat perang pertamanya Guts berhasil bertahan hidup dan merasa ia telah mendapatkan rasa hormat dari sang ayah. Pada saat yang sama (umur 12 tahun) Guts yang masih muda disekap dan diperkosa di tendanya oleh seorang pria pedofil yang mengaku bahwa ayah Guts telah menjual dia kepada dirinya, Guts sempat tidak percaya dan memberontak sekaligus memberikan perlawanan, namun kalah kekuatan dengan sang pedofil tersebut. Ia pernah menyangkal kebenaran tersebut, sampai ayahnya sendiri yang membenarkan hal itu. Secara tidak sengaja Guts membunuh sang ayah, pada saat itu juga semua tentara bayaran teman sang ayah mencoba membunuh Guts, ia mau tidak mau harus lari dari tempat tersebut dan mengelana sendirian untuk bertahan hidup.

Setelah bertahun-tahun kemudian Guts menjadi seorang mercenary yang tergolong terkenal karena berhasil membunuh seorang ksatria terkenal bernama bazuso. Karena hal itu ia berhasil menarik perhatian Griffith, seorang komander / pemimpin dari grup bernama band of the hawk. Ia sempat menawarkan Guts untuk bergabung dan bekerja dibawah komando dia, namun Guts menolak. Akhirnya grifftih menantang Guts dimana yang kalah harus bersumpah setia sampai mati terhadap sang pemenang. Dalam pertarungan sengit tersebut Griffith berhasil mengalahkan Guts, dan mau tidak mau Guts harus loyal segala perintah yang Griffith berikan. 


Band of the Hawk. Madman Entertainment 

Dalam kepemimpinannya, kelompok band of the hawk memperoleh kemenangan dari setiap pertempurannya dan membuat kelompok tersebut terkenal diseluruh kerajaan. Yang dari awalnya memiliki tentara yang sedikit, band of the hawk mulai berkembang dan memiliki ratusan bahkan ribuan tentara yang setia terhadap Griffith termasuk Guts. Griffith dianggap sebagai seorang pria yang dipercayai bisa membawa masa depan yang cerah bagi mereka semua.

Karena suatu kecerobohan ia ditangkap dan dipenjarakan oleh sang Raja. Selama 1 tahun ia disiksa sampai Guts, Casca, beserta teman-teman band of the hawk lainnya berhasil menyelamatkannya. Karena siksaan yang ia terima terus menerus selama kurang lebih 1 tahun membuat dia menjadi cacat permanen dan tidak lagi dalam kondisi yang memungkinkan untuk memimpin lagi kelompoknya.

Putus asa dan ingin menyerah mendorong Griffith untuk mengakhiri hidupnya sendiri dan secara tidak sengaja mengaktifkan Crimson Behelit yang pernah ia terima pada saat ia kecil. Ia, Guts, dan Casca beserta teman-teman kelompoknya terkurung oleh pusaran hitam yang didalamnya terdapat monster-monster mengerikan bernama apostle yang dipimpin oleh god hand yang merupakan dewa dari para monster-monster tersebut. Griffith diberikan pilihan untuk terlahir kembali sebagai god hand dan mewujudkan impiannya atau menyerah dan mati pada saat itu juga. Namun pilihan tersebut harus dibayar dengan sesuatu yang paling berharga bagi dirinya, dan sesuatu yang paling berharga bagi Griffith pada saat itu adalah teman-teman band of the hawk. Griffith akhirnya mengambil keputusan untuk ia mengorbankan band of the hawk beserta Guts dan Casca didalamnya. Upacara tumbal tersebut dikenal sebagai upacara eclipse.

Dalam upacara tersebut seluruh anggota band of the hawk mendapatkan tanda dalam tubuh mereka yang menandai bahwa mereka telah dikorbankan oleh orang yang memulai ritual tersebut. Orang yang memiliki tanda tersebut akan dimakan hidup-hidup oleh parah roh-roh jahat dan para apostle, upacara tersebut akan selesai jika apostle atau god hand baru telah terlahir kembali. Guts dan Casca harus menyaksikan teman-teman mereka dibantai dan dilahap hidup-hidup oleh para apostle seperti mahasiswa yang menunggu makanan gratis dari tempat hajatan. 

Guts dan Casca pula orang yang terakhir bertahan hidup dalam perayaan tersebut sampai Griffith terlahir kembali menjadi salah satu anggota god hand bernama Femto, mulai memperkosa Casca dihadapan Guts dikolam yang penuh darah dari orang-orang band of the hawk. Dalam keadaan terjepit Guts mencoba menyelamatkan Casca sampai harus memotong tangan sebelah kirinya hanya agar bisa menghentikan Griffith. Usahanya tersebut gagal dan ia harus menyaksikan wanita yang ia cintai di nodai oleh Griffith sampai akhir termasuk kehilangan mata sebelah kanannya.


Hakusensha / Darkhorse Comic

Hakusensha / Darkhorse Comic

Marah, sedih, dan putus asa menyelimuti Guts. Disaat-saat akhirnya ia berhasil diselamatkan oleh skull knight beserta Casca dari ritual mengerikan tersebut. Guts dan Casca dirawat oleh Rickert beserta adik tirinya  Erica yang tinggal dengan seorang pembuat pedang tua bernama Godo. Rickert adalah salah satu anggota termuda dari band of the hawk yang kebetulan tidak berada dengan mereka saat ritual tersebut berlangsung. Guts yang tidak sadar selama berhari-hari akhirnya memperoleh kesadaran dan mencoba menengok Casca karena khawatir akan keadaannya. Setelah bertemu dengan Casca, Guts harus menerima kenyataan pahit kembali, karena menemukan keadaan Casca yang sudah gila dan memiliki rasa takut yang berlebihan akan laki-laki yang mencoba mendekatinya.

Dalam keadaan yang belum pulih seutuhnya, Guts lari kedalam hutan, ia seperti mencoba lari dari kenyataan bahwa teman-teman dan wanita yang ia cintai telah hilang begitu saja. Dalam keadaan putus asanya tersebut, Guts dihampiri oleh skull knight  yang telah menyelamatkan Guts. Ia memberi tahu Guts bahwa ia memiliki cap dari ritual sebelumnya dan cap tersebut tidak akan hilang sampai akhir hidup Guts, dan mulai dari saat itu ia harus bisa menyesuaikan dirinya hidup dalam “Intersice” suatu batas antara dunia fana dengan dunia orang-orang mati. Dari cap tersebut, setelah matahari terbenam, seluruh roh jahat akan muncul dan mencoba untuk melahap sekaligus mengambil alih tubuh Guts. Guts seperti obor yang dilempar kedalam kegelapan dimana ngengat akan mengerumuni cahaya tersebut mencari kehangatan baru. Skull knight memberi pilihan kepada Guts apakah ia akan menyerah kepada takdirnya, atau menghancurkan roh-roh jahat tersebut sepanjang malam dengan kata lain Guts tidak akan pernah merasakan kembali tidur nyenyak pada malam hari dan kegelapan akan menjadi dunia Guts yang baru. Guts tanpa ragu-ragu mengambil pilihan kedua, ia menyatakan perang terhadap apostle dan god hand yang dalam komik dianggap sebagai dewa di dunia orang-orang mati, dan bersumpah membunuh semua apostle, god hand.
            Destiny...destiny...destiny...destiny...SHUT THE HELL UP! How 'bout you save your high and mighty crap for after I've been haunted to death, skullface? Sacrifice? Offering? Destiny? Quit spoutin' out a bunch of cryptic explanations! The point is, this is war! It ain't different from any other war! The last one standing wins! Listen here! I'm beatin' all a' you back down to Hell! Tell those ugly pale-faced bastards for me! If I get hit, I will hit back! Tell 'em leavin' me half-eaten is gonna be the end of you! I'll hunt and kill all those wretched monsters...and all of you...DOWN TO THE LAST ONE! THIS IS...MY DECLARATION OF WAR! - Guts
Bermodalkan pedang berukuran raksasa bernama dragon slayer, sebuah tangan buatan yang berfungsi menjadi meriam kecil, bowgun mini yang bisa dipasangkan pada tangan buatan Guts, ditambah dengan armor hitamnya yang khas, Guts memulai misi sucinya untuk membalas dendam dan tidak ragu-ragu menghabisi semua manusia yang menghalangi dirinya untuk membalas dendam.
Ditambah ia nantinya memiliki Berserk armor. Berserker Armor adalah battlegear yang paling gila yang pernah saya lihat disini. Jika armor ini aktif, ia akan mengambil alih semua sistem syaraf dan membuat penggunanya mati rasa terhadap semua rasa sakit secara fisik. Hal tersebut membuat Guts mampu bertarung dengan kemampuan dan kekuatan yang maksimal. Karena armor tersebut membuat ayunan pedang tersebut lebih keras dari bola meriam. Berserker armor juga bisa memulihkan keadaan fisik Guts yang memungkinkan ia untuk bertempur kembali, namun pemulihan tersebut terkesan kasar dan cukup ngilu untuk melihatnya saja. Contohnya jika tangan Guts patah kearah yang berlawanan maka armor tersebut akan memelintir paksa tangan Guts ke posisi sedia kala, dan jarum-jarum akan menusuk melalui daging Guts untuk memperkuat secara paksa otot dan tulangnya yang hancur. Jadi jangan salah sangka, armor ini tidaklah menyembuhkan Guts, namun hanya menambal paksa sementara tubuh Guts. Lebih buruknya Armor ini juga akan menarik sisi jahat dari penggunanya, dan bentuk serigala pada armor Berserker Guts adalah bentuk dari ego yang dimiliki oleh Guts. Guts sering kali kehilangan kesadaran ketika mengenakan armor tersebut dan gaya bertarungnya lebih liar dan beresiko dari biasanya.

Dari sejak saat itu legenda the black swordsman menyebar keseluruh negri kerajaan dimana Guts membawa kematian kemanapun ia pergi.

Berserk seperti manga kebanyakan, memiliki beberapa arcs yang mengangkat tema-tema dan masalah baru yang dihadapi oleh Guts. Tema yang paling seringkali diangkat disini adalah tema Agama dan peran religinya untuk setiap karakter Guts. Hal ini mengingatkan saya seperti perang salib dimana konflik peperangan tersebut dipicu oleh perbedaan keyakinan, namun dibalik kedok agama maksud utamanya adalah untuk kepentingan kalangan atas dan perluasan kekuasaan.

Dari semua itu yang paling menjadi favorite saya adalah bagian Lost Childern, Birth Ceremony, Falcon Millenium, The Guardian of Desires, dan The Golden Age. Hal tersebut karena dalam chapter atau arc tersebut kaya akan konflik dan pertarungan yang menegangkan untuk dibaca. Saya tidak pernah bosan-bosannya untuk terus mengulang setiap momen dalam setiap chapter untuk saya baca berulang kali. Salah satu momen favorite saya adalah ketika Guts mencoba menyelamatkan Casca dari orang-orang yang ingin membakarnya karena mengira Casca adalah seorang penyihir.

Pada saat itu Guts melawan seorang pendeta yang telah berubah menjadi apostle jadi-jadian yang memiliki iman fanatik terhadap tuhan yang ia sembah. Percakapan yang terus tertanam di otak saya adalah saya adalah pada bagian ini :
      Father Mogus “Can you not hear them?! These voices of supplication?! Every person congeregated in this place now desires, as one hear, SALVATION! They are eagerly awaiting the time of God’s Victory. Do you mean you care not that tens of thousand of believers shall lose their lives in exchange for one evil witch?”
Guts, filled with rage, replied “Don’t make me laugh. All they do is PRAY! Every last one of them when the fire’s under their own ass, any of them do is bow down. TEN OF THOUSANDS OF PEOPLE SHOULDN’T CLING TO JUST ONE WOMAN” – The Tower Conviction Arch. Berserk Chapter 169 page 8-10.
Tidak hanya itu banyak dari adegan dalam Berserk yang sempat membuat saya berhenti untuk bernafas dan menggelengkan kepala saya karena betapa matangnya penyampaian setiap moral dan filosofi baru yang ditampilkan dalam Berserk.

Ada beberapa Quote atau kutipan Favorite saya selama membaca Berserk.

Like I said, anyone who gets killed ‘cause they got caught up in someone else’s fight is a small fry. If they can’t live their life freely, they’re better off dead. Those two didn’t have the strength to protect themselves from a “walking disaster” like me. That’s all there is to it. If you're always worried about crushing the ants beneath you... you won't be able to walk. – Guts

HAHAHAHA.. In terms of timing, anyway that’s the worst joke I’ve ever heard. Fuck you, im HUMAN, right down to the bone. Don’t’ mistake me for one of you Freaks. – Guts

In ancient times there was a holy woman who dedicated her life to the aid of the poor. She had never turned her back on anybody who had been thrown from the society of man, whether due to plague or destitution or similar matters. Until the hour that they were summoned to appear before god, the dying were each tucked under blankets and at peace. It is said that she would gather each in turn to her breast and hold them like a mother. Once she discovered an old man who had become so thin and worn out that he had fell dying by the roadside. As always, she gathered the man to her breast and held him.But it was he who spoke first. "I who now waste away on a pathway like this, I would approach no one. This is proof of having spent my proud existence in isolation. Please, this sublime moment to be. Do not dishonor the hour of my death with your warmth."Father Mozgus
Bloody as f*ck!

Selain tragis, ironis, twist, manga Berserk menyajikan cerita yang lebih.. fucked up..

Seberapa fucked up manga ini? Begini saja saya simpulkan. Jika anda ingin mencari manga yang dimana dipenuhi oleh : anak kecil dimakan hidup-hidup oleh keluarganya, anak kecil diperkosa saat masih kecil, wanita diperkosa secara bergilir oleh troll non-stop sampai kelaminnya hancur ditambah mati dengan mengenaskan karena melahirkan bayi troll yang merobek perut inangnya, bayi di jadikan sup untuk disantap, seorang ibu harus melihat anaknya dimakan oleh monster, seorang sahabat memperkosa kekasih teman baiknya dihadapan kedua matanya sendiri, sampai melihat sahabat-sahabatmu dijadikan tumbal dan dimakan hidup-hidup oleh monster-monster mengerikan. Bagian “menarik” tersebut adalah sebagian kecil dari hal-hal yang bisa anda temukan dalam Berserk.


Hakusensha / Darkhorse Comic

Harus saya bilang bahwa sesadisnya manga ini akan membuka prespektif-prespektif baru tentang pandangan anda melihat kehidupan. Dimana kehidupan tidak selalu dipenuhi oleh kebahagiaan disetiap sudutnya, kadang kehidupan akan sangat kejam terhadap anda dan tidak ada hal apapun yang bisa menolong anda untuk keluar dari situasi tersebut.
Yep, tidak ada kekuatan misterius yang bangkit seketika  ketika tokoh utama terjepit atau seseorang yang tiba-tiba menolong sang karakter utama membantu mengalahkan musuh mereka seperti kebanyakan komik shonen mainstream kebanyakan saat ini. Guts bukanlah orang yang terlahir dengan kekuatan khusus tertentu, ia hanyalah manusia biasa yang memiliki determinasi yang paling kuat jika dibandingkan dengan karakter komik kebanyakan.
THE FIGHT’S?!
Pertarungan dalam Berserk cukup brutal dan tidak ada sesuatu yang seperti jurus-jurus memukau yang memiliki nama – nama nan keren. Tetapi jangan khawatir gambar-gambar pertarungan yang ada dalam Berserk sangatlah menegangkan dan membuat penasaran. Saya pribadi bisa dibuat penasaran untuk terus membaca kesetiap page-nya hanya demi mengetahui apa yang akan terjadi kemudian.
Memang tidak bisa disamakan berserk terhadap manga Shonen kebanyakan dan ini mungkin karena genre Berserk adalah Seinen dimana genre tersebut memang ditujukan untuk kaum dewasa. Karakter Guts adalah karakter yang bertarung karena dasar kebencian dan dendam, tidak seperti manga kebanyakan yang bertarung karena didasari oleh kebenaran dan keadilan yang penuh omong kosong. 

Hakusensha / Darkhorse Comic

Guts bukanlah tipe orang yang mau menyelamatkan orang lain bila orang tersebut menghalangi langkahnya dalam membalas dendam. Ia tidak akan menjadi seorang pahlawan kesiangan yang bisa menyelamatkan semua orang pada saat itu juga, bahkan Guts sendiri pernah membahayakan nyawa seorang gadis kecil karena dijadikan umpan oleh Guts. Guts akan melakukan segalanya untuk bisa membunuh lawannya.
Pertarungan disini benar-benar mendefinisikan pertarungan antara hidup dan mati. Tidak sedikit Guts mencedrai dirinya sendiri hanya untuk menemukan celah dari musuh yang ia hadapi seperti menerobos api, memotong tangan sebelah kirinya, melewati listrik ribuan volt, dan jangan tanya sudah berapa tulang yang ia patahkan dalam setiap pertempuran.


Hakusensha / Darkhorse Comic

Guts memiliki kekuatan yang luar biasa karena bisa menggunakan pedang super besar bernama Dragon Slayer yang menjadi senjata utamanya, buatan ahli pandai besi yang sudah tua bernama Godo. Dalam refrensinya Dragon Slayer memiliki berat sekitar 180 Kilo, tidak heran Guts yang sejak kecil sudah terbiasa menggunakan pedang yang sama besarnya dengan dia, memiliki cukup kekuatan untuk mengayunkan pedang yang sangat besar ini. Dragon Slayer bisa melukai makhluk-makhluk astral dan berbagai jenis makhluk supernatural. Hal tersebut karena Dragon Slayer sudah seringkali bermandikan darah Apostle yang dibunuh oleh Guts, membuat pedang itu memiliki kemampuan spesial seperti ini.

Guts dengan Dragonslayer. Hakusensha / Darkhorse Comic
Guts memiliki perlengkapan yang tidak teralu muluk untuk menghadapi apostle. Seperti pisau lempar, granat kecil, tangan kiri terbuat dari besi yang bisa dialih fungsikan sebagai meriam kecil atau bow gun otomatis.
Yang saya sukai disini tidak ada pertarungan yang kompleks dan semuanya murni taktik dan reflek Guts untuk membuat celah-celah yang memungkinkan untuk mengalahkan musuhnya. Tidak ada guru yang mengajari sang tokoh utama teknik-teknik mematikan, atau kemampuan tersembunyi yang akan bangkit jika karakter utama dalam keadaan terjepit. Guts adalah 100% manusia dan akan terluka seperti manusia biasa pada umumnya. Yang membuat dia mampu mengalahkan musuhnya adalah karena naluri bertahan hidupnya yang sudah diasah sejak kecil, dan pengalaman bertarungnya seorang diri di medan perang semenjak dia masih berumur 12 tahun.
Selain itu pertarungan yang ada dalam Berserk tergolong straight forward  dimana sang karakter utama tidak menceramahi sampai sang musuh itu tobat, tidak ada percakapan yang tidak perlu untuk dibahas diantara Guts dan lawannya. Keduanya memang hanya dipertemukan agar untuk membunuh satu sama lain. Pertarungan yang ada disini memang padat dan tidak basa-basi untuk setiap eksekusinya. Semua taktik yang dimiliki Guts memiliki satu tujuan saja, yaitu menghabisi musuhnya.

OVERALL
Berserk memenuhi semua ekspetasi dan membuka pandangan baru terhadap saya dalam membaca manga. Membaca Berserk seperti membaca manga idaman yang hampir sempurna buat saya dan tentunya Berserk memiliki kualitas gambar yang terbaik dari setiap manga yang saya pernah baca. Saya pribadi dari sejak kecil menyukai karakter dengan pedang besar dan adegan pertempuran yang dipenuhi oleh teriakan penuh amarah. Meskipun banyak manga shonen yang memiliki adegan penuh amarah seperti yang saya sebutkan diatas, namun melihat Guts bertarung melawan apostle tidak ada yang bisa mendekati semua yang ada di dalam Berserk. Seperti Gon dalam Hunter x Hunter, Guts membiarkan dirinya terbakar api balas dendam untuk musuh-musuhnya dan dendam jugalah yang membuat Guts tetap "waras" dan fokus kepada tujuannya.

Guts mengerti keterbatasannya sebagai manusia dan ia tidak akan membiarkan musuh mampu mencapai kelemahan tersebut. Jika disamakan mungkin perjuangan hidup dalam Berserk bisa disejajarkan dengan manga Gantz yang dimana mereka hanya mengandalkan kemampuan terbaik mereka sebagai manusia yang hanya mengandalkan senjata dan perlengkapan yang mereka miliki untuk mengalahkan monster yang secara perbandingan kekuatannya jauh lebih superior dari manusia manapun.

Kebringasan dalam setiap pertempuran antara Guts dan lawannya mampu menampilkan kegelapan yang menjadi ciri khas dari manga Berserk. Dunia Berserk yang pada saat itu terjadi peperangan antar kerajaan dan Negara mampu menampilkan dampak-dampak yang dihasilkan dari peperangan tersebut. Contohnya orang-orang harus kehilangan tempat tinggalnya, atau orang dewasa dan anak-anak harus mati kelaparan dan terkena penyakit menular, wanita diculik dan diperkosa oleh musuh-musuh kerajaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Berserk pernah dibuat seri anime dan the movie-nya. Tetapi menurut saya pribadi kedua hal tersebut tidak sepenuhnya bisa mengambil esensi yang membuat Berserk ini terkenal diluar sana. Banyak orang yang kecewa ketika melihat film-film Berserk, karena esensi yang membuat Berserk menarik hanya sekitar 30% saja yang dimasukkan. Mungkin hal-hal ini dipicu oleh berbagai sensor konyol dan penambahan adaptasi yang buruk sehingga banyak penggemarnya kecewa. Tidak sedikit orang melalui Youtube, Reddit, atau forum-forum besar lainnya (bahkan 9gag) menyarankan untuk tidak melihat film-film Berserk, melainkan mulai membaca Manga­ Berserk pada saat itu juga. Yup, saya harus setuju dengan pernyataan mereka. Anda baru akan melihat “Wajah” asli Berserk ketika anda sudah membaca manga-nya yang jauh lebih gelap dan sadis untuk diikuti.

P.S : akan ada anime baru Berserk bulan ini, saya harap tidak akan seburuk film-film atau seri-seri sebelumnya.

Rating : 9.7

1 komentar:

  1. Manga dewa....gw mulai tau berserk udah lumayan terlambat,tp bagi gua terlambat lebih baik ketimbang nggk tau...mulai dari the movie duluan baru animenya yg buatan taon 1997...gw berani bilang dalam dua dekade terakhir ini sheinen terbaik...sugoi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.