Header Ads

Breaking News
recent

[Spoiler Alert!] Captain America : Civil War, more like brawl than a "war" [Review dan Analisis]

Marvel Studios
Intro

Jika anda bertanya film kolaborasi Disney – Marvel mana yang paling baik, saya akan menunjuk film ini sebagai rekomendasi utama untuk anda lihat. Jujur saja dari segi aksi dan cerita, film Captain America yang ketiga ini jauh lebih menarik ketimbang Avengers 2 yang notabene terlihat biasa saja dalam segi ceritanya. Saya sendiri heran mengapa hanya film dari Captain America saja yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan dengan film MCU lainnya yang saling berkaitan. Iron Man 3 jatuh karena twist-nya yang teralu memaksa, ant-man yang tidak mendapatkan antusias masyarakat dan malah lebih terlihat sebagai film sampingan saja, atau Thor 2 yang saya sendiri pun hampir lupa bahwa sudah ada 2 film Thor saat ini (tidak memorable). Film Captain America yang sebelumnya diremehkan namun ternyata memiliki ke-3 element yang tidak didapat oleh film-film MCU lainnya. Ketiga element tersebut adalah plot ceritanya yang solid, mendapatkan cukup antusiasme masyarakat, dan mampu membuat film ini cukup memorable bagi orang-orang yang telah menontonnya. Antusiasme masyarakat bisa dilihat ketika saya melihat Captain America secara premier pada tanggal 27 di salah satu mall di kota solo, dimana antriannya semakin siang semakin panjang. Saya menyadari bahwa kesuksesan film captain america sebelumnya membawa dampak besar dalam masyarakat yang sebelumnya sempat meremehkan film pertama captain america the first avengers, namun untungnya saja pradigma tersebut sudah hilang dan masyarakat lebih hype untuk melihat film ke-3 captain america.

Trailernya sendiri bagi saya cukup pintar meskipun kurang dibagian Tv-spot nya yang terasa seperti menunjukan isi secara berlebihan, teralu banyak adegan yang disorot seperti film Batman VS Superman yang tergolong tolol dalam menampilkan Doomsday teralu awal dan mematikan hype masyarakat. Saya cukup khawatir bahwa nantinya captain america ini terlau bersemangat dan menampilkan scene-scene vital yang seharusnya tidak layak untuk ditampilkan. Namun tenang saja, ketika saya melihat filmnya semua adegan yang ada ditrailernya hanya seperti menampilkan sekitar 8-12% dari filmnya itu sendiri.

The bollock’s (Captain America, Ironman, Winter Soldier, Scarlet Witch, Vision, Hawk eye, Black Widow, Falcon, Warmachine)

Tidak ada istilah misscasting untuk ke-tujuh orang tersebut dan semuanya menjalankan perannya masing-masing dengan sempurna. Setiap orang memiliki ideologinya masing-masing dan mampu mempertahankan kepercayaan mereka sampai akhir. Namun jujur sepanjang saya melihat orang-orang ini semuanya terlihat serius, mungkin karena konflik yang dihadapi.

The two dork’s (Antman and Spiderman)
Marvel Studios

Boleh dibilang berkat kedua karakter ini pertarungan dan cerita menjadi jauh lebih menarik. Ibaratnya kedua karakter inilah yang menjadi badut disini. Alasan saya menyebut kedua orang tersebut badut adalah bukan karena alasan yang negatif, justru karena Antman dan Spiderman yang mampu membuat suasana menjadi hidup dan menyenangkan, pertarungan antara kedua belah pihak yang seharusnya serius dan menegangkan justru diubah oleh kedua karakter ini menjadi panggung komedi dan mampu membuat penontonnya tertawa terbahak-bahak.

Untuk karakter Spiderman yang pertama kali memulai debutnya diperankan sangat baik oleh aktor muda Tom Holland. Mungkin teralu awal untuk membandingkan mana yang lebih baik antara Tom dengan Toby. Saya tidak ingin membandingkan kedua aktor tersebut dengan Andrew Garfield karena menurut saya Spiderman yang diperankan oleh Andrew justru tidak menggambarkan sama sekali image Spiderman yang seharusnya geek atau nerd, namun karakter Spiderman yang dibawakan oleh Andrew atau Spiderman malah lebih condong seperti hipster malah terlihat seperti model yang mengerti akan fashion yang ada. Namun Tom Holland ketika pertama kali melihatnya saya pikir bahwa film Spiderman selanjutnya yaitu “Homecoming: Spiderman” akan memiliki potensi yang besar ditangan Disney dan Marvel.

Oh iya bagi kalian yang mengeluhkan betapa mudanya bibi may di Captain America : Civil War, aktris yang memerankan bibi may yaitu Marisa Tomei sudah berumur 51 tahun. Bath in virgin’s blood? Perhaps..

Another badass – Black Panther
Marvel Studios

Salah satu debut superhero yang memiliki opening terbaik dibandingkan oleh spiderman. Kesan pertama yang terlihat ketika karakter ini muncul saya berpikir “shit.. something just got real.” Hanya dia yang mampu membuat sang Captain dan sahabat baiknya Winter Soldier kerepotan sembari mengurus rintangan yang ada. Dilengkapi dengan baju vibranium yang tidak bisa ditembus oleh apapun  ditambah dia adalah seorang pangeran dari negri super rahasia Wakanda, kurang lengkap apa? Mungkin bagi Chadwick Boseman, film Captain America : CW adalah filmnya yang paling sukses saat ini. Saya melihat trackrecord dari film-film yang pernah dibintangi Boseman dan tidak ada diantaranya yang mendaur sukses sangat besar seperti film Captain america, sebut saja filmnya 42? Underrated, Gods of Egypt? Flop..
Saya harap kedepan saat film Black Panther rilis, ceritanya tidak kalah serunya dengan Captain America.

Baron Zemo
Marvel Studios

Well, bisa dibilang Karena karakter inilah yang menjadi biang kerok dari setiap konflik yang timbul. Diperankan oleh Daniel Bruhl dengan baik, ia berhasil menarik karakternya dengan luar biasa dan membuktikan bahwa ia meskipun bukan penjahat super yang memiliki sumber daya atau kekuatan yang hebat namun tekadnya terlihat sangat besar disini. Sebagai villain menurut saya pribadi bahwa baron zemo memiliki tujuan yang pasti akan hasil akhir rencananya. Tidak adil jika menjajarkan dia sebagai villain sampingan seperti kebanyakan film-film MCU lainnya, karena yang kita tahu “villain sampingan”  yang biasanya gagal secara menyedihkan oleh hero-hero MCU, namun Zemo tidak. Dia adalah satu-satunya villain yang sukses dalam menjalankan rencananya, ia tidak mengejar uang atau hal-hal rumit lainnya. Tujuan utamanya hanya dendam dan resolusinya adalah memecah belah para avengers dan melepas kekacauan atau ancaman yang lebih besar ke dunia berhasil seperti yang ia rencanakan.

Siapa sangka? Manusia yang hanya memiliki pengalaman espionasi memiliki ketrampilan luar biasa yang mampu menjungkir balikkan organisasi super hero dengan sumber daya finansial dan koneksi yang tidak terbatas menghancurkan satu sama lain. Perpecahan yang ia timbulkan menimbulkan sebuah kemungkinan-kemungkinan baru yang mungkin akan menjadi salah satu franchise MCU di masa depan.  

Plot
Mungkin yang terbaik diantara semua MCU saat ini. Cerita yang ingin disampaikan kepada penontonnya menurut saya mudah dipahami oleh semua orang saat ini. Tidak ada twist yang berbelit atau cerita yang berputar-putar, semuanya tergolong straight-forward dan tidak bertele-tele.

Ceritanya lebih mengarah sebab dan akibat dari setiap aktivitas avengers, dan semua orang menyalahkan hal itu. Salah satu villain utama disini memiliki alasan yang kuat untuk menghancurkan Avengers dari dalam. Di Captain America : Civil War lebih terlihat bahwa superheroes pun tidak bisa menyelamatkan semua orang, semua memiliki keterbatasan dan masalahnya masing-masing. Akibat “keterbatasan” tersebut pemerintah dan dunia ingin avengers lebih “jinak” dengan memberlakukan hukum bahwa semua superhero harus bekerja dibawah hukum yang berlaku dan terdaftar identitasnya didalam pemerintah. Tony yang tidak ingin menimbulkan konflik lebih jauh memilih untuk bisa menerima pemerintah, namun Captain yang merasa bahwa hukum tersebut akan membahayakan kehidupan superhero sekaligus merenggut hak-hak kebebasan yang sebelumnya dimiliki pada setiap hero. Apakah ceritanya hanya itu saja? Tidak. Banyak sekali cerita yang ingin disampaikan didalam Filmnya, semua memiliki ceritanya masing-masing dan alasan untuk bertempur atau membela kubu yang mana, semuanya dipadatkan dengan dinamis sehingga penonton mudah mengikuti perkembangan ceritanya.

Namun karena teralu padat ceritanya terlihat hanya menyorot karakter-karakter yang penting saja, mungkin ini untuk menghindari plothole seperti The Amazing Spiderman 2 yang teralu banyak karakter yang bermunculan sehingga perkembangannya terlihat tidak terurus dengan baik. Akibat dari hal itu keberadaan 2 orang penting di Avengers bahkan tidak disebutkan sama sekali, yep Nick Fury dan Agent Maria Hill hilang begitu saja ketika para heroes ribut satu sama lainnya. Saya tidak habis pikir dimana Nick sebelumnya sudah kapok dengan pemerintah akibat S.H.I.E.L.D disusupi ratusan agen Hydra, hilang begitu saja ketika pemerintah ingin ikut campur tangan dengan Avengers (padahal dia sendiri yang mengusulkan ke tony bahwa Avengers harus menjadi institusi yang independen). Teralu padat ceritanya registrasi hero yang seharunya menjadi sumber biang-kerok perpecahan antara mereka menguap begitu saja seperti ditiup angin. Dengan seiring dengan berjalan cerita plot nya lebih menjadi drama dan alasan mereka bertempur lebih diakibatkan masa lalu dan perasaan masing-masing, bahkan mereka melupakan untuk mencari solusi atau jalan tengah mengenai Registrasi Heroes.Mungkin lebih tepatnya ceria di Civil War lebih berfokus ke Baron Zemo dan yep Winter Soldier dimana dalam komiknya tidak memiliki hubungan sama sekali dengan perang saudara antar heroes. Mengesampingkan hal itu semua ceritanya sendiri cukup fun untuk dinikmati dan banyak pesan-pesan dan juga clue tentunya yang tersembunyi disetiap adegan dengan rapih.

Civil War : What’s The Difference?

Mungkin pertanyaan yang paling sering saya jumpai disini. Meskipun diadaptasi dari komik Civil War namun difilmnya Civil War memiliki perbedaan yang signifikan jika dibandingkan keduanya. Namun jangan khawatir karena wajar dalam Marvel bahwa film, komik terdapat perbedaan cerita atau dalam pandangan umumnya berbeda Universe.

Terdapat 13 perbedaan antara komik dengan filmnya yang ditulis oleh IGN, yaitu :
  • The One Who Start it all.
Ok dalam filmnya penyebab super hero harus bisa bekerja dibawah hukum internasional adalah dampak akhir dari setiap insiden tempat para avengers beraksi. Namun di komiknya sendiri awal mula insiden yang menimbulkan hukum itu adalah akibat kelompok superhero remaja yang menamakan diri mereka sendiri “New Warrior”. Dalam aksinya mereka bertujuan merekam setiap aksi mereka dengan kamera dengan tujuan untuk memperoleh popularitas, namun karena aksi konyol mereka sekaligus salah target, membuat lawan / Villain  yang mereka lawan yaitu Nitro marah dan meledak dengan radius yang sangat besar. Karena aksi mereka tersebut lebih dari 600 masyarakat tak berdosa termasuk mereka mati seketika akibat tindakkan sang pahlawan remaja yang main hakim sendiri.  Insiden tersebut menimbulkan banyak reaksi politik yang menutut diberlakukannya hukum yang membatasi tindakan superhero.


Marvel
  • Konflik 
Dalam komik dan filmnya memang menunjukan pertempuran antara superhero yang memiliki pendirian, namun pendirian tersebut berbeda. Dalam komiknya para superhero bertarung satu sama lain untuk mempertahankan identitas rahasia mereka, namun dalam MCU (Marvel’s Cinematic Universe) tidak terlihat bahwa semua superhero mempertahankan identitas rahasia mereka, justru malah semua orang mengenal hero tersebut. Lihat saja poster dari Avengers 2, tidak ada yang memakai topeng atau apapun untuk menutupi identitas mereka. Selain itu saya merasa Avengers sepertinya mengetahui identitas semua orang seperti layaknya tuhan, bayangkan saja Antman aka Scott lang mudah dilacak oleh falcon, dan Spiderman? Bahkan tony tahu rumah tempat ia tinggal. Jadi yep, ideology yang menimbulkan konflik tersebut berbeda dengan komiknya.  

tidak ada yang menutupi muka? ok.. Marvel Studios.

Selain itu dalam komiknya SHIELD memiliki tujuan untuk menangkap semua superhero yang tidak terdaftar, namun jika melihat bahwa filmnya tidak memiliki banyak superhero yang muncul maka ceritanya dibuat focus untuk menangkap bucky aka winter soldier.
  • Wait what? SHIELD?
Marvel Studios

Yep dalam komiknya SHIELD lah yang memaksa semua agar semua superhero terdaftar dalam registrasinya, namun dalam MCU, SHIELD telah bubar akibat ulah HYDRA yang menyusup sampai kedalam akar-akarnya. Well meskipun begitu SHIELD masih ada namun bergerak secara rahasia dibawah komando agen Coulson dalam serial TV Agents of SHIELD, namun terlihat bahwa mereka tidak dalam posisi yang memiliki kekuatan untuk membuat para superhero patuh pada hukum tersebut.
Namun dalam MCU hukum tersebut bernama perjanjian Sokovia yang dibawakan oleh sekertaris Negara “Thunderbolt” Ross, yang memiliki ambisi untuk menegakkan hukum ini bersama dengan PBB.

  •  The Villain
Dalam filmnya, timbulnya perang saudara dalam kubu superhero diakibatkan oleh penjahat bernama Baron Zemo yang menjalankan rencananya dengan sangat sempurna. Namun dalam komiknya, tidak ada dalang dibalik yang menimbulkan konflik tersebut. Di dalam komik benar-benar ya memang berkelahi mengenai ideology mereka masing-masing.


Marvel Studios

Berbicara tentang Zemo, di dalam filmnya ia adalah seorang colonel sangar dari Sokovian, namun dalam komiknya dia adalah salah satu anggota Hydra yang berkelahi menggunakan pedang dan mengenakan kaus kaki berwana pink untuk menutupi kepalanya.

  •  The other… villains?
Dalam komiknya tim Ironman merekrut dan membentuk sebuah tim dari para supervillains yang diberi nama “Thunderbolts” dan sekaligus dipimpin oleh Baron Zemo. Sebenarnya hal ini sangat penting untuk ditampilkan untuk menunjukan seberapa jauh mereka (tim ironman) telah jatuh hanya untuk memenangkan peperangan ini.


Marvel Studios

Dalam MCU, setiap penjahat yang ada itu antara mati atau dipenjara, jadi plot twist seperti ini tidak mungkin terjadi.

  •  Dimana Hulk dan Thor?
Hulk tidak muncul dalam 2 versinya (film dan komik), dengan berbagai alasan. Didalam komik, ia meluncur ke-luar angkasa oleh illuminati karena mereka merasa bahwa Hulk teralu berbahaya, sedangkan di MCU ia memutuskan untuk menghilang diakhir film Avengers: Age of Ultron.


Marvel Studios

Sedangkan untuk Thor, ia tidak ada dalam filmnya, namun di komiknya ia memiliki peran yang cukup mengejutkan. Ia sempat diasumsikan meninggal untuk beberaoa saat ketika dalam pertempuran yang menentukan dan mulai bertarung dikubu ironman. Ternyata eh ternyata yang bertarung disisi tony bukanlah Thor yang asli, namun adalah Cyborg berbentuk klonning dari thor yang sengaja dibuat oleh kubu Ironman hanya untuk supaya terlihat bahwa thor mendukung mereka.


Marvel Studios

Namun jangan khawatir, Hulk nantinya akan muncul dan sudah di konfirmasi kemunculannya dalam film ke-3 Thor yang baru yaitu Ragnarok.

  •  Death+(s)
Dalam filmnya tidak ada Superheroes yang mati. Tetapi dikomik heroes bernama Goliath terbunuh ketika robot Thor mulai lepas kendali.

Marvel Studios

Meskipun begitu dalam filmnya ada kejadian tragis yang tidak kalah dengan komiknya, yaitu ketika vision menembakan sinar energi dari jidatnya namun tidak sengaja mengenai Rhody sehingga membuat dirinya lumpuh.


Marvel Studios

Yang mengejutkan karakter lainnya yang mati dalam komik tidak lain adalah Captain America itu sendiri, tidak lama setelah Civil War, dimana ia dibunuh saat ia memasuki ruang pengadilan untuk menjalani hukuman yang ia terima.


Marvel Studios

  • Penjara
Penjara yang dikenal sebagai The Raft memang ada dikomik baik juga dalam filmnya.

Marvel Studios

Didalam komik, orang-orang yang mendukung registrasi hero menggunakan prison 42, penjara yang sangat luas terletak di negative zone, dimana dimensi ini dikuasai oleh serangga-serangga yang mengerikan.

Marvel Studios
  • #TeamCaptain
Dalam filmnya, orang-orang yang berada dalam tim captain America meliputi Falcon, Ant-Man, Hawkeye, Scarlet Witch dan tentunya Winter Soldier.

Marvel Studios

Namun dalam komiknya terdapat banyak sekali heroes yang bergabung kedalam kubu Captain America.


Marvel Studios

Selain itu meskipun dalam filmnya terdapat Scarlet Witch dan Hawkeye namun dikomiknya ke-dua hero tersebut tidak memiliki peran apapun dalam Civil War, hal itu karena kejadian tertentu yang terjadi dalam seri komiknya Avengers : Disassembled dan House of M.



Marvel Studios
  • #TeamIronMan
Untuk Ironman sendiri, dalam filmnya terdiri dari Black Panther, Vision, Balck widow, War Machine, dan Spider-Man.

Marvel Studios

Dalam komiknya, Ironman menerima banyak bantuan dari para heroes ataupun villain disisinya. Bersama dengan Mr.Fantastic dan Yellow Jacket membantu Ironman untuk memimpin timnya tersebut.


Marvel Studios

Dalam komiknya Vision diasumsikan mati pada saat konflik tersebut, dan versi lebih mudanya bergabung kedalam kubu Captain America.

Marvel Studios

Black Panter berusaha menghindari konflik sampai Goliath terbunuh, dimana hal tersebut membuatnya bergabung dengan Captain America untuk melawan Iron Man.

Marvel Studios
  •  Spider-Man
Dalam filmnya, Tony Stark mengundang Spider-Man untuk bergabung kedalam timnya dan memberikan Spider-Man baju baru yang didesain khusus oleh Tony. Spider-Man akhirnya membantu Tony untuk menghentikan Captain America dipertempuran yang mengambil tempat dibandara.

Marvel Studios

Dalam komiknya, Spider-Man adalah heroes pertama yang membuka identitas aslinya kedepan publik sebagai bentuk pembuktian dirinya mendukung registrasi hero yang diperjuangkan dalam kubu Ironman, karena hal tersebut Tony Stark memberikan dia Iron Spider Suit yang lebih canggih dan kuat.


Marvel Studios

Meskipun begitu, ketika melihat kematian Goliath, sama seperti Black Panther, ditambah dengan pemandangan penjara yang menahan teman-teman heroes seperjuangannya, Spider-Man berpindah kubu ke sisi Captain Amerika.
Sedangkan dalam filmnya hanya Black Widow sajalah yang berkhianat untuk membantu Captain America dan Winter Soldier melarikan diri ketika dalam pertempuran.

  •  Seberapa besar pertempurannya?
Dalam komiknya memang benar-benar pertempuran antara superheroes dengan ratusan karakter dengan skala peperangan yang maha dahsyat.

Marvel Studios

Filmnya sedikit menyedihkan, lebih pantas disebut dengan pertengkaran biasa ketimbang disebut dengan kata “Perang”, karena hanya ada 12 hero yang muncul difilmnya.

  • Who’s The Winner?
Difilmnya tidak ada penyelesaian apapun yang menyangkut registrasi hero, namun lebih berfokus kepada berburu Zemo dan secara mengejutkan tragedy antara Iron Man dan Winter Soldier, hal – hal tersebut tidak ada dalam komiknya.

Terdapat kesamaan disini mengenai pemenang, baik dikomik dan difilmnya, sisi Ironman lah yang menjadi pemenang dan sisi captain America harus kalah dan menjadi tahanan. Namun ada perbedaan yang cukup lebih bahagia difilmnya ketimbang dikomik, dimana sisi Captain America berhasil lepas dan masih bertempur diluar sana membela kebaikan dan kebenaran, tetapi dikomiknya yang menurut saya cukup suram adalah ketika kubu Ironman yang tergolong brengsek menang.

Marvel Studios

Semua superheroes dipaksa untuk bersembunyi dan tidak menampakan diri mereka kekhalayak umum.

Marvel Studios

Aaaaand, captain America is dead.

Marvel Studios

Kesimpulan.
Terdapat perbedaan signifikan jika anda membandingkan antara film dengan komiknya. Anda tidak bisa mengatakan bahwa film tertentu jelek akibat berbeda dengan yang ada disumber aslinya seperti novel, atau komik.
*Whisper* eragon, snk, mortal instrument, divergent, mordecai, seventh son
STFU, Captain America Still Rocks!
Ok ada hukum jika ada bagian dalam komik berbeda dengan film, hal itu disebut dengan berbeda universe, ibaratnya dunia parallel, disisi lain saya menjadi mahasiswa, disisi lain saya menjadi boyband(amit-amit) nah itu prinsipnya sama disini. Terdengar sedikit egois tapi yah memang begitu adanya, lagian jika dibuat persis dengan komiknya maka akan teralu banyak karakter untuk di develop dan ceritanya akan tidak fokus dan teralu panjang untuk diikuti. Alasan kedua dibuat seperti itu agar penonton awam seperti kita yang tidak pernah membaca komiknya, dan lebih sering membaca di marvel.wiki, agar bisa juga ikut menikmati film tersebut.

Sedikit kecewa karena pada akhir filmnya terlihat seperti bromance dan terasa lebih drama, selain itu masih banyak karakter-karakter yang dipertanyakan eksistensinya di Civil War, karena meskipun tergolong actor besar namun porsi yang didapat seperti mendapat pemeran sampingan saja (guess who). Meskipun begitu pertarungan yang disajikan disini dieksekusi dengan baik dan grafis yang memukau bisa memanjakan mata anda sepanjang filmnya.

Berbicara tentang bromance, ada adegan yang menurut saya cukup memorable diantara semuanya. Bukan pertarungan di bandara atau adegan kejar-kejaran antara Winter Soldier, Captain, dan Black Panther. Namun pertarungan akhir yang menjadi klimaks filmnya itu sendiri.


Marvel Studios

Disini terlihat saat tony terjepit dan helmnya dilepas oleh rogers, memperlihatkan wajah tony yang babak belur, tony mengangkat kedua tangannya bersamaan saat captain bersiap menghujamkan tamengnya kedada tony. Perhatikan ketika tony mengangkat kedua tangannya ia maish memiliki kekuatan yang tersisa dalam reaktornya. Bucky memang mencoba untuk merobek ark dari dada tony namun tidak sepenuhnya berhasil dan repulsor yang merupakan sumber kekuatan baju Tony masih menyala. Captain begitu dibutakan dengan amarahnya sampai-sampai ia tidak mengenali Tony sebagai sahabatnya. 
Tony bisa saja menembakkan repulsor di kedua tangannya dan membuat Captain terpental beberapa meter darinya, namun tony tidak melakukannya. Tony adalah orang yang royal, kematian kedua orang tuanya membuat dia menganggap Avengers adalah sebagai keluarga keduanya, oleh sebabnya ketakutan yang ia temukan di age of Ultron adalah kematian dari seluruh anggota avengers. Dan bagi saya hal tersebutlah yang membuat film ini cukup memorable, dan manis untuk bisa di ingat kembali.  

Beberapa orang ada yang bilang bahwa ini adalah film terakhir dari Captain America, namun saya kurang percaya akan statement tersebut. Bagaimana tidak? Ironman dimana sang actor yang pernah bilang bahwa Ironman 3 adalah film terakhir dirinya sebagai seorang Ironman, tiba-tiba mengatakan pada akhir-akhir ini bahwa ia mengkonfirmasi bahwa ada film Ironman 4 jika hanya Mel Gibson yang menjadi Sutradaranya (Cek disini & disini, tambahan). Menimbang hal tersebut, bukanlah hal yang mustahil jika kedepannya ada Captain America yang ke – 4.


Overall Score : 8.3

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.