Header Ads

Breaking News
recent

Edge of Tomorrow, Mati , Hidup, Ulangi! [Review dan Analisis]



Warner Bros.

Kesan pertama menonton film ini teringat waktu pertama kali mempunyai console PS1, dan TIDAK memiliki memory card ketika pertama kali membelinya. 

Saat itu saya sering bermain Crash Bandicoot dan Megaman, apa bila karakter kita mati saya perlu mengulang seluruh game dari awal bermain lagi. 
Lalu apa hubungannya ? hubungannya adalah, konsep dari film ini sama seperti itu. 
Dalam film ini ketika karakter utama mati, maka seluruh nya akan direset pada hari yang dipilih. Dan seluruh gerakan, tindakan, kejadian yang membuat karakter utama mati akan terlihat jelas dan teringat kembali oleh kita, sehingga kita bisa mencegah kejadian tersebut terulang dan membuat karakter utama mati. 

Mungkin terdengar membosankan melihat adegan film yang terus diulang demi mencapai kesempatan baru agar bisa melangkah lebih jauh. 

Namun itulah keunggulan dari film ini. Anda tidak akan pernah merasa bosan melihat tindakkan apa yang akan Tom Cruise ambil untuk menghindari kematiannya, dan justru akan membuat anda semakin penasaran.

Terlihat jelas emosi yang diperlihatkan oleh Tom Cruise dan perubahan watak yang secara signifikan terlihat selama film berlangsung dari karakter yang Tom Cruise mainkan (Cage).
Yang sejak awal ia adalah seorang pegawai pemerintah yang penakut dan egois, dimana terlihat sangat jelas pada awal film dimana ia menolak untuk membantu negaranya di garis depan. Namun seiring perkembangan cerita dimana karakter tersebut secara tidak sengaja mendapat kekuatan untuk mereset hari ketika membunuh makhluk biru langka yang dinamakan "Alpha", Cage menjadi seorang yang pemberani, tidak takut mati, dan justru ingin melindungi semua orang. 
Siapa yang sih yang tidak takut mati jika punya kemampuan super untuk mengulang segalanya dari awal?

Meskipun saya belum membaca versi manganya dari Hiroshi Sakurazaka , saya merasa Edge Of Tomorrow memiliki cerita yang cukup kuat. 

Yang membuat saya kagum dari film ini adalah akting dan Screen play yang dilakukan dengan sangat apik oleh film ini. 2 elemen ini yang membuat film ini menjadi lebih hidup. 

Menurut saya, akting dengan mempertahankan ekspresi di setiap scene dalam film yang terus looping dan memiliki alur yang multilinear.

Film ini seperti memberi kita pesan bahwa tindakkan yang kita ambil, pilihan yang kita pilih, semuanya akan berpengaruh pada masa depan kita, dan orang-orang sekitar kita. 

Efek yang diberikan dalam film ini tergolong bagus, dan terlebih lagi Baju Eksoskeleton yang digunkana dalam film ini merupakan baju asli dan bukan CGI. 


Inilah yang membuat saya suka dengan film-film Tom Cruise, dan ia memberikan totalitas kemampuan aktingnya dengan cukup maksimal. Tom Cruise memang cocok untuk bermain film Sci-Fi Action yang futuristik ketimbang bermain film seperti Top Gun. Entah kenapa saya merasa bahwa tom Cruise lebih cocok bermain film seperti ini.
Personal Rating : 8.4

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.