Header Ads

Breaking News
recent

Fast and Furious 7, It's a bird ! It's a plane! nope.. it's a damn car [Review dan Analisis]

Universal Pictures

Fast and Furious 7 ketika rilis langsung meledak dipasaran dan meraih peringkat 4 dalam jejeran film paling laris sepanjang masa mengalahkan film Harry Potter. Entah kenapa saya merasa kurang tertarik lagi dengan fast and furious saga yang katanya nanti akan dibuat 3 sekuel lagi (tidak heran melihat angka penjualan yang fantastis, setiap film pasti akan dibuat kelanjutannya). Mungkin ini sebab dari fast and furious 6, dimana jalan ceritanya sudah mulai menjadi mainstream seperti film-film action lainnya, dan melupakan unsur pentingnya yaitu balapan liar walaupun tidak menghilangkan unsur utamanya yaitu menggunakan mobil sebagai aksi andalan. Selain itu semenjak fast and furious 6 Dom dan keluarganya seakan-akan menjelma menjadi aset rahasia pemerintah, ibarat menjadi agen rahasia super khusus gitu, saya mulai kehilangan ketertarikan untuk mengikuti fast 8 nanti.


Fast and furious 6 dan 7 lebih memperlihatkan aksi-aksi yang membuat orang berdecak kagum ketimbang memperlihatkan trik-trik balapan yang ada. 

Saya tidak bilang bahwa aksi-aksi yang ditampilkan di furious 7 itu murahan, namun setiap aksi yang ditampilkan itu ibarat seperti sementara, sekarang di ingat lalu satu hari atau satu minggu kemudian sudah lupa. Element ini yang saya rasakan hilang dari fast 6 dan 7. Contohnya, siapa yang tidak berdebar-debar ketika tej membuka berankas asli dan ternyata berankas yang bersama hobbes itu palsu, siapa yang tidak dibuat penasaran pada fast and furious 3 dan 4 ketika o'connor dan kekasihnya mencoba menyelamatkan dom? atau siapa yang menang antara drift king dan dom? 

Dibalik kesuksesan fast 7 di boxoffice, Paul Walker adalah kunci utama suksesnya film tersebut. Hype yang sangat besar dari masyarakat karena film ini digadang-gadang sebagai film perpisahan untuk Paul walker, dan hal itu mampu menarik sebagian masyarakat untuk berbondong-bondong menonton film ini. Selain itu Fast and furious memiliki fans base yang cukup besar di berbagai belahan dunia yang turut mensukseskan film ini di boxoffice.

Untuk ceritanya sendiri saya merasa tidak ada yang berubah dari segi tema, fast and furious 6 dan 7 memiliki tema yang sama, yaitu menghadapi seorang prajurit yang sangat berbahaya di dunia, yang membedakannya adalah disini mereka menghadapi kakaknya yaitu Ian Shaw.  Untuk plot nya sendiri mudah ditebak dan tergolong standar, dimana ceritanya mudah untuk dipahami dan tidak memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk mencernanya. Namun untuk beberapa adegan yang cukup menggelitik saya adalah ketika programmer wanita yang cantik dan sexy, dimana dibilang nerd bagi beberapa orang.. yaa nerd yang bisa mampu memiliki style yang bagus, memiliki bentuk body yang terawat, dan make up yang waw. Bisa dibilang itu ibarat buka cewek nerd yang jago komputer, tapi lebih mirip gadis kaya raya yang suka pesta dimana-mana. Selain itu god's eye yang katanya mampu meng"hack" semua sistem dari semua alat terdengar mudah, padahal seperti itu membutuhkan milyaran akses ke database disetiap server belahan dunia, dan membutuhkan kecepatan internet yang luar biasa hebatnya untuk bisa mengakses itu semua, tapi semua terlihat mudah saja bagi alat itu. Adalagi dan tidak ketinggalan yaitu adegan memindahkan si cewek "nerd" itu dari mobil 1 ke mobil lainnya dengan gaya drift, mengesankan jika itu bisa dilakukan dengan kecepatan seperti itu.

Tapi untuk film action seperti ini kita tidak boleh melupakan peraturan yang mutlak, yaitu "fuck the rule", "fuck the system", "fuck the physics","fuck einstein","fuck everything", im gonna kick y'all motherfucker here. Terdengar lucu saja jika melihat film aksi tapi ingin terdengar lebih ilmiah.

Dibalik ceritanya yang eksplisit, saya harus mengakui bahwa akhir film yang menampilkan tribut kepada paul walker sangat mengesankan. Mobil putih, dan jalan yang bercabang seperti mengantar paul pergi dengan damai menuju jalan yang berbeda. 
Lagu yang diusung oleh Wiz Khalifa feat Charilie puth memiliki makna yang dalam ketika digabungkan dengan setiap adegan fast furious yang diperankan oleh paul walker, hal ini membuat lagu tersebut menjadi penuh kengan terhadap o'connor/paul walker. 
Saking besarnya hype dari masyarakat terhadap fast and furious 7 bahkan lagu ini distel dimana-mana di tempat saya tinggal, dari tempat kos, tempat makan, tempat belanja, kampus, bahkan radio rumah sakit pun lagu ini diputar.

Last but not last, farewell paul, Rest in peace.


Personal Rating : 7.1

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.