Header Ads

Breaking News
recent

Avengers : Age of Ultron, yang tersisa hanyalah mesin [Review dan Analisis]


Marvel

Dengan pendapatan pada minggu pertama sebesar $191,271,109, dan total pendapatan secara global mencapai $1.371.528.000 berhasil mencapai peringkat 5 sebagai film memperoleh laba paling besar sepanjang masa, meskipun 1 tingkat dibawah furious 7. That was insane.

Avengers age of ultron bercerita tentang sebuah A.I atau Artificial Intelligence yang menggila setelah Tony Stark menemukan mind stone (salah satu infinity stone) dari senjata Loki (Chitauri Scepter, terdapat di Avengers 1). Mind Stone memiliki sebuah “kesadaran” yang berfungsi sebagai pelindung dari Mind Gems didalamnya, dan “kesadaran” tersebut di manfaatkan oleh tony stark dan partner in crime nya bruce banner dimana mereka berusaha menarik kesadaran tersebut dan diberi nama “Ultron” sebuah proyek ambisius dari tony untuk keamanan dunia, supaya avengers tidak lagi dibutuhkan. Dunia damai, semua senang. Maksud 2 orang ini sih baik, tapi nasib berkata lain.

Diluar dugaan ULTRON memperoleh kesadarannya sendiri dan menggila setelah menjelajah internet selama 5 menit (LoL) lalu memutuskan bahwa manusia lah yang harus dimusnahkan demi kelangsungan planet Bumi.
Spends Two Minutes on the internet, decides humanity must be destroyed
Lalu avengers harus membereskan semua kekacauan yang tony stark buat, dan menghentikan rencana jahat ultron yang mengancam kehidupan manusia di muka bumi.

Menurut saya avengers age of ultron teralu awal dirilis, karena tokoh kunci dalam kebangkitan ultron sebenarnya adalah Hank Pym bukan Tony Stark. Sedangkan Ant-man baru dirilis pada 15 july nanti, bayangkan apabila ada ant-man disana mungkin jalan ceritanya akan lebih dapat, dan lebih seru. Sebagai informasi Hank Pym adalah salah satu manusia paling pintar kedua setelah Reed Richard, kejeniusannya itulah yang membuat Hank mampu menciptakan ultron penjahat yang mampu memporak-porandakan avengers.

Namun yang perlu kita ingat, bahwa cerita dari Marvel dibuat sedemikian rupa juga mengikuti alur dimana semua kalangan juga mengerti artinya. Kita tidak bisa menyalahkan marvel karena mengubah cerita, dan tidak mengikuti apa yang ada di komik.

But Hey! Not everyone read’s the comic books right?

Untuk ceritanya sendiri avengers of ultron cukup solid dan tidak teralu rumit untuk semua kalangan. Fresh mungkin gambaran yang tepat untuk film avengers, dan Disney maupun marvel pun berusaha menerapkan tema ini disemua filmnya akhir-akhir ini. Tema , suasana, dan cerita yang berat seperti yang diterapkan oleh DC pesaingnya mungkin kurang efektif bagi mereka.

Selain itu yang cukup mengecewakan dari Avengers : Age Of Ultron adalah karakter jahatnya itu sendiri Ultron. Bagi saya pribadi Ultron adalah salah satu Villain yang paling mudah dilupakan dan tidak memorable sebagai penjahat di film yang tergolong besar.

Yang saya maksud bahwa ultron adalah karakter yang tidak memorable karena saya tidak melihat sesuatu yang spesial di dalam ultron, selain itu Ultron tidak mendapat tempat lagi di film selanjutnya, saya kurang suka apabila Ultron tergolong sebagai salah satu penjahat biasa saja di film marvel, seperti mandarin, whiplash, iron monger, Malekith, juga ronan. Satu kesamaan mereka adalah sebagai karakter sampingan and of course, not so memorable. 

Jika kita bandingkan karakter jahat ultron dengan karakter jahat lainnya seperti loki, ultron tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan loki. Loki mempunyai karakter, and ultron is not, he just desire to destroy the humanity.

Contoh saja loki itu gila hormat, gila kekuasaan, cara bertingkah lakunya , semua perkataan, dan seluruh tindakannya memiliki karakter tersendiri dan lagi sukses diperankan secara brilian oleh Tom Hiddleston.

Kenapa saya membandingkan Ultron dengan loki disini? Hal ini karena loki sendiri sukses menjadi ujung tombak dari film thor 1, 2, dan juga avengers itu sendiri, loki menjadi the real troublemaker, the wicked one, ibarat joker dalam film batman trilogy oleh Nolan.  Loki menjadi kekuatan utama dan memiliki posisi spesial tersendiri pada plot cerita marvel universe nanti. Sedangkan ultron tidak, ia seperti penjahat sampingan dan sengaja diciptakan hanya untuk membuat avengers ada kerjaan saja, dan benar saja, tidak ada kejelasan lanjutan tentang Ultron, is he survived or not? tidak ada clue yang jelas mengenai nasib ultron nanti. Ultron adalah salah satu Villain yang cukup besar di Marvel Universe, sangat disayangkan apabila hilang begitu saja. 

Jika saya lihat Avengers 2 terletak pada superstarnya saja, tidak lain adalah superheronya itu sendiri yang menjadi daya tarik utama di film ini.

Beberapa hal yang saya tangkap juga adalah karakter Hawkeye menjadi lebih friendly disini, sejak debut pertamanya di film Thor kita menganggap bahwa Hawkeye itu karakter yang dingin, to the point, no sense of humor, but it's not. Hawkeye di Avengers 2 ternyata lebih humoris dari yang kita duga, dan siapa sangka dia adalah seorang ayah dan suami yang baik, diluar tugasnya sebagai Top Agent di organisasi keamanan paling besar di dunia, S.H.I.E.L.D.


Selain itu kita juga diperlihatkan disini bahwa masa lalu Black Widows juga cukup gelap, dan memiliki pesan bahwa monster juga memiliki berbagai bentuknya sendiri, dan Hulk meskipun dianggap monster namun memiliki hati yang baik, Black Widows terlihat normal namun dibaliknya dia adalah monster yang tidak segan untuk menghabisi targetnya. But she's change now so nvm.


Mind Control Dari Scarlet Witch tidak mengendalikan orang dan memerintahkan mereka sesuka hatinya. Namun kekuatan Mind Control dari Scarlet Witch tidak lebih hanya memanipulasi rasa takut manusia agar, rasa takut tersebut mempengaruhi mereka. Namun dengan kekuatannya Scarlet Witch juga dengan mudah melepas Dr. Choo dari pengendali pikiran scepter.


Quicksilver sendiri, tidak memiliki gambaran tentang powernya yang wah, seperti di film X-Men days of future past, dimana scene quicksilver disana lebih epic. No Offense but it was true. Selain itu WHY MARVEL WHY?? WHY YOU DARE TO KILL THIS CHARACTER?!!?


Untuk Hulk, disini dalam dunia "Movie" marvel, kekuatan Hulk tidak overpower seperti di komiknya dimana ia bisa menghancurkan Planet hanya dengan satu kali pukulan, namun disini GIGI dari Hulk itu sendiri bisa dipatahkan oleh Iron Man. Menurut saya pribadi Hulk yang overpower akan sangat kurang bijaksana, bayangkan siapa yang bisa menghentikan hulk mengamuk jika Iron Buster hancur dengan satu kali pukulan. Ga seru kan?


Dan jangan lupa, Tuhan dari Marvel juga pastinya hadir disini, sebagai cameo dimana ia memerankan seorang veteran perang. But seriously why would tony invite them to his party? why? jika itu adalah lelucon tony supaya Rogers mendapat teman yang seumuran that's would be a good jokes lol.


Orang tua dari Maximoff twins bukan magneto namun orang lain, dan disebutkan bahwa mereka meninggal

karena rudal nyasar yang diproduksi oleh Tony Stark. Namun ada kemungkinan juga mereka diadopsi, dan marvel bisa memasukan X-Men di dalam saga superhero mereka, namun quicksilver sudah tidak ada, jadi mungkin hal itu tidak akan terjadi.

Black Panther yang disebut-sebut akan keluar di film Captain America: Civil Wars ternyata sudah terdapat cluenya bahwa hero tersebut akan tampil di film marvel selanjutnya. Clue tersebut diberikan oleh Bruce Banner ketika dia melihat arsip dan menyebutkan nama Wakanda, yaitu kampung halaman dari Black Panther. Jika kalian mengira bahwa Tony Stark adalah superhero yang paling kaya di muka bumi, sayang sekali kalian salah. Hero paling kaya di dunia Marvel adalah Black Panther // T'Chella dia adalah raja di Wakanda, dan negara tersebut MEMONOPOLY SEMUA VIBRANIUM dimuka bumi. Stock Vibranium yang dimiliki oleh Ulysses Klaue tergolong tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan jumlah yang dimiliki oleh Wakanda. Info Singkat Wakanda juga merupakan kota yang memiliki teknologi paling maju dimuka bumi, dan mengklaim bahwa komputer disana paling anti untuk di hack, karena komputer mereka tidak menggunakan sistem binary lagi. Dan Black Panther bisa menyembunyikan sebuah negara hilang dari peta dunia atau internet oleh sebab itu ultron tidak bisa atau mengetahui lokasi wakanda yang sebenarnya (satu-satunya avengers bisa mengetahui lokasi tersebut dari arsip mendiang ayah Tony).


Selain itu adu argumen antara Tony (Iron Man) dengan Rogers (Captain america) mengindikasikan bahwa mereka sudah memiliki visi dan misi yang berbeda, dan ini adalah salah satu poin yang bakal menyulut konflik antar kubu Iron Man dan Kubu Captain America.


Dan momen yang harus diperhatikan juga bahwa Hawkeye menamakan anaknya yang baru lahir dengan nama dari Quicksilver "Pietro Maximoff".


Thor menyadari bahwa ada pemain besar yang telah menyusun papan permainan dan mulai menjalankan pion-pionnya. Mengingat tinggal 1 infinity Stone lagi yang perlu ditemukan, terlihat diakhir film Thanos mulai bergerak dengan mengenakan Infinity Gauntlet, sarung tangan yang digunakan thanos untuk menguasai seluruh galaksi dengan menaruh 5 Infinity Stone.


Jika kalian tahu alasan Thanos bersusah payah mengumpulkan infinity stone untuk menguasai galaksi, itu hanya karena untuk memuaskan death, yup death/kematian salah satu entitas yang berkuasa atas dunia orang mati. Thanos Cinta mati dan sangat memuja death bahkan ia rela untuk menghancurkan seluruh galaksi untuk membuat dia terkesan. Namun lucunya Death malah jatuh cinta dengan Deadpool, dan membuat thanos cemburu lalu mengutuk deadpool dengan sesuatu yang lebih buruk dari kematian; yaitu dengan kehidupan, hal ini agar membuat deadpool dan death tidak bisa bersatu. yep, deadpool cannot die whatever you tried.


Mereka (marvel dan disney) sepertinya tahu bahwa cerita yang mereka sajikan biasa saja dan takut mendapat respon buruk dari penggemarnya karena ceritanya sendiri memang cukup flat. Mungkin karena alasan tersebutlah pihak studio mengambil langkah berani dengan menghabisi salah satu icon terbaik mereka agar cerita tidak terlihat teralu mainstream. Padahal jika dikembangkan lagi hero tersebut memiliki potensi vital bagi kelanjutan series avengers selanjutnya.

Saya mengakui bahwa cerita dalam avengers 2 teralu mainstream dan merupakan tipikal film-film action. Tidak ada elemen lain yang membuat film itu menarik kecuali selebritinya itu sendiri, efek, dan cuplikan post credit di akhir film yang tentu saja pantang untuk dilewatkan.


Overall avengers age of ultron is good as usual like other action movie out there. There is nothing special in it except that post credit at the end of film. Im just feel excitement to see iron man beat the hell out of hulk with his hulkbuster armor. 

Personal Rating : 7.5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.