Header Ads

Breaking News
recent

'Ori And The Blind Forest' Review - Salah Satu Game Platform Yang Bikin Nagih!

Microsoft Studios
Ori And The Blind Forest adalah salah satu game platform yang tergolong laris saat rilis pertama kali pada tahun 2015. Meskipun tergolong game platform dan bukan sekelas game AAA seperti Fallout 4, Assassin Creed: Syndicate, ataupun Bloodborne, game ini mendapatkan begitu banyak respon positif dari semua kalangan gamer.

Ketika trailer pertamanya keluar di Youtube, game ini menyajikan sebuah animasi dan grafik yang begitu indah untuk dilihat oleh mata. Tidak hanya itu musik yang di komposisi dalam game ini begitu melekat dan nyaman untuk didengar pertama kalinya.

Moon Studio yang memulai debut awal dari game ini berhasil membawa kita menyicipi game platformer yang kita ingini sejak dulu. Permainan yang menantang dengan bermacam-macam kombinasi untuk melewati rintangan berhasil di hidupkan kembali melalui game Ori and the Blind Forest.


A D V E R T I S E M E N T



Story

Ori adalah bagian dari Spirit Tree di hutan Nibel yang jatuh ketika ada badai menerjang hutan tersebut. Ori yang baru lahir kemudian dirawat oleh Naru, yang membesarkan Ori seperti anaknya sendiri. Mereka berdua menjalani hidup yang bahagia, sampai suatu ketika hutan Nibel mendapat bencana, dimana kekeringan melanda hutan tersebut membuat semua pohon dan tanaman mati. Naru yang terus melemah akibat tidak adanya makanan atau air untuk bertahan hidup membuat Ori pergi untuk mencari makanan yang diharapkan akan membuat Naru selamat. Tetapi hal tersebut terlambat bagi Ori ketika ia menemukan Naru sudah tidak lagi bernyawa.

Naru dan Ori ( Maggy LisakowskiMicrosoft Studios)

Ori yang sedih akibat ditinggal oleh Naru kemudian berkelana dihutan tanpa arah. Lelah, Ori kemudian pingsan di dekat Spirit Tree yang dimana ia kemudian dipulihkan kembali oleh pohon itu. Setelah sadar, Ori kemudian bertemu dengan Sein, sejenis sprite yang memberitahu Ori bahwa hutan Nibel bisa kembali ke sedia kala apabila Ori bisa memulihakn 3 elemen penunjang hutan tersebut yaitu: Air, Angin, dan Kehangatan.

Memiliki tujuan untuk menghidupkan hutan yang ditinggali oleh Naru, Ori memiliki determinasi untuk memulihkan ke 3 elemen yang menjadi penunjang hutan Nibel. Namun perjalanan Ori tidaklah mudah, karena ada sesosok misterius yang akan terus menghalangi Ori untuk mencapai tujuannya.

Ori Memulihkan 3 Elemen (Microsoft Studios)

Ori and the Blind Forest tidak menciptakan cerita yang rumit disini, ceritanya yang simple membuat orang mudah memahami apa yang terjadi dengan Ori dan yang ia hadapi sepanjang game ini. Meski memiliki cerita yang sederhana, namun Ori and the Blind Forest memiliki cerita yang cukup menyentuh untuk sebuah game platform.

Selain itu Spirit Tree yang menjadi suara narasi disepanjang game memiliki peran besar untuk membantu mengarahkan kemana tujuan dan maksud dari cerita yang ada disini agar tidak keluar dari konteks yang ada. Dengan menggunakan bahasa asing yang memang dibuat khusus untuk game ini, Spirit Tree menarasikan kejadian masa lalu dan masa kini dengan cukup mengesankan.

Sosok Misterius Akan Terus Mengganggu Ori  (Microsoft Studios)
Gameplay

Ori menawarkan gameplay platform yang tergolong sulit dan tidaklah mudah, apalagi jika dimainkan di PC yang menggunakan keyboard sebagai senjata utamanya. Anda harus menentukan sendiri timing yang tepat untuk melewati sesuatu, dan beragam kombinasi dari beberapa gerakan untuk melewati rintangan. Tentunya gerakan kombinasi ini tidaklah mudah apalagi jika sudah berada di stage yang dikejar oleh waktu untuk dilewati, tentunya panik dan trial and error akan menjadi makanan sehari-hari anda disini, justru hal itu semua yang membuat game ini jauh lebih menyengkan untuk dimainkan. 

Kehadian fitur Ability Tree juga hadir disini, fitur ini tidak lebih hanya sebagai fungsi untuk meningkatkan kemampuan atau mendapat kemampuan baru yang tentunya memiliki keunikannya masing-masing. Ability Tree bisa ditingkatkan apabila Ori sudah mengumpulkan exp yang dibutuhkan untuk mendapatkan talent point yang digunakan untuk membuka fitur dari talent tersebut.Ability Tree terbagi menjadi 3 kategori, dimana fungsi kategori ini mempunyai keunikannya tersendiri apabila ditingkatkan.

Ability Tree (Microsoft Studios)

Contohnya, jika player meningkatkan Combat Tree maka Ori akan memiliki daya rusak lebih ketika ia menghadapi musuh-musuhnya.

Lain apabila player meningkatkan kemampuan di bagian Effeciency dimana Ori bisa menjadi lebih hemat dalam menggunakan energy atau spirit, selain itu Effeciency juga bisa membuat Ori mampu melacak tempat-tempat penting dan bahkan bisa melihat menembus dinding untuk menemukan area-area tersembunyi.
Dan yang terakhir adalah Utility Tree dimana akan membuat Ori menjadi lebih lincah dan memiliki varian skill untuk lebih bisa bertahan hidup, seperti membuat Ori mampu bernafas didalam air, melompat sebanyak 3 kali, atau melakukan dash ketika berada di udara, selain itu Ori juga memiliki defense yang cukup fantastis apabila menerima serangan dari musuh.

Tantangan Tidaklah Mudah (Microsoft Studios)

Tentunya anda bisa mengkombinasikan ketiga kategori abilities ini sesuai dengan kemauan pribadi, tapi hal ini tergantung dari berapa banyak point ability yang berhasil anda kumpulkan.

Map yang ada di dalam game ini juga tergolong besar, dimana satu area saling terhubung satu sama lain tanpa harus adanya loading screen untuk mengaksesnya jika sudah terbuka. Di map ini area tersembunyi tentunya tidak bisa dilihat, terkecuali anda sudah mengambil beberapa ability di kategori effeciency maka menemukan area-area tersebut bukanlah hal yang sulit.

Map Ori And The Blind Forest


Overall

Memiliki cerita yang menyentuh dan gameplay yang bisa membuat ketagihan bukan satu-satunya yang menjadi kekuatan game ini. Justru menurut saya, kekuatan utama yang menjadi daya tarik dari game ini adalah grafik dan musik yang menjadi tema khas dari Ori and the Blind Forest.

Karakter yang dibuat memiliki bentuk yang sederhana tanpa ornamen-ornamen yang rumit, ditambah lingkungan yang menjadi latar belakang di game ini di desain dengan begitu indah sehingga mampu memanjakan dan memukau mata pemainnya.

Pemandangan Dalam Game (Microsoft Studios)


Pemandangan dalam game (Microsoft Studios)


Pemandangan dalam game (Microsoft Studios)


Pemandangan dalam game (Microsoft Studios)

Gareth Coker yang sebelumnya juga pernah mengisi musik di game Minecraft kembali membawa musiknya ke game ini. Musik yang ia buat dengan ajaib berhasil menyatu dengan cerita, suasana, dan lingkungan yang ada di dalam gamenya. Melalui dirinya kita bisa lebih merasakan ciri khas dari game ini, bagaimana kita melewati tantangan demi tantangan yang menegangkan, atau merasakan kesedihan yang dialami oleh karakter-karakternya, Gareth Coker berhasil membawa suasana tersebut menjadi lebih berkesan dan memorable. Bahkan sampai sekarang tema musik Light of Nibel masih teringat di pikiran saya.

Ori and the Blind Forest membuktikan bahwa game platform tidaklah sepenuhnya mati dan masih tetap mengasyikan untuk dimainkan saat ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.